Perkembangan Radio Komunitas di Indonesia – Saat ini Indonesia memiliki banyak banyak media-media alternatif yang dijadikan sebagai wadah untuk menyuarakan pendapat serta menyediakan informasi yang faktual kepada khalayak umum. Salah satu media alternatif yang banyak di temukan di Indonesia adalah radio komunitas. Radio komunitas sendiri merupakan suatu kegiatan penyiaran radio yang dikelola dan didirikan oleh suatu komunitas untuk kepentingan khalayak. Selain itu radio komunitas juga sering disebut sebagai radio pendidikan, radio sosial, dan radio alternatif. Tujuan didirikannya radio komunitas adalah untuk dijadikan sebagai media alternatif yang dapat digunakan untuk menyuarakan aspirasi mengenai ketidakadilan yang didapatkan oleh rakyat. Sehingga dapat disimpulkan bahwa radio komunitas ini adalah sebuah siaran radio tentang komunitas.

Radio komunitas jelas berbeda dengan radio swasta yang merupakan media utama. Yang menjadi pembeda antara radio komunitas dengan radio swasta adalah tujuan didirikan serta bagaimana tata cara pengelolaan yang dilakukan oleh keduanya. Jika tujuan didirikannya radio komunitas benar-benar dijadikan sebagai sebuah media yang dapat melayani kebutuhan informasi masyarakat luas dan sifatnya tidak komersil, maka berbanding terbalik dengan radio swasta. Kehidupan radio swasta berada pada tingginya iklan yang masuk serta mengharuskannyaa mendapatkan rating yang tinggi untuk setiap program mendapatkan rating yang tinggi untuk setiap program yang disiarkan. Singkatnya, radio komunitas murni dibentuk untuk kepentingan serta kebutuhan publik di tempatnya didirikan sementara radio swasta diproyeksikan untuk memenuhi segmen pasar.

Berikut ini adalah peran yang dimiliki oleh radio komunitas sebagai media alternatif:

1. Menyuarakan HAM
Kemerdekaan dalam menyampaikan aspirasi serta mendapatkan informasi melalui media penyiaran merupakan salah satu wujud dari Hak Asasi Manusia yang ada di dalam kehidupan masyarakat yang dilakukan secara bertanggung jawab. Radio komunitas sering digunakan untuk menyuarakan hak-hak apa saja yang seharusnya dimiliki oleh rakyat.

2. Menegakkan Keadilan
Kehadiran radio komunitas pun sering kali ditujukan untuk melawan ketidakadilan yang terjadi pada rakyat karena hak-hak yang dimilikinya direnggut oleh para penguasa-penguasa yang ada.

3. Sarana Penyebaran Informasi
Radio komunitas merupakan salah satu media alternatif yang bertujuan untuk menyampaikan informasi. Radio alternatif ini pun memiliki peran penting dalam penyebaran informasi yang seimbang pada rakyat.

Perkembangan radio komunitas di indonesia sendiri mulai berkembang sekitar tahun 2000. Munculnya radio komunitas di indonesia ini merupakan hasil dari reformasi politik yang pernah terjadi pada tahun 1998 yang ditandai dengana adanya pembubaran Departemen Penerangan. Departemen Penerangan sendiri merupakan lembaga otoritas tunggal milik pemerintah yang saat itu digunakan untuk mengendalikan media. Kini kehadiran radio komunitas semakin kuat setelah disahkannya UU no 32 tahun 2002 tentang penyiaran. Hingga saat ini terdapat lebih dari 300 radio komunitas yang berkembang di Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *