Peran Majalah Dermaga dalam Fungsi Informatif – Majalah dermaga merupakan majalah internal yang dimiliki oleh PT Pelabuhan Indonesia III (Persero). Majalah internal ini pertama kali diproduksi pada 27 Februari 1989 yang sesuai dengan Surat Keputusan Terbit (SIT) yang dikeluarkan oleh Kementrian Penerangan RI NO. 1428/SK/DIRJEN/OOG/SIT/1989. Penggunaan dari Majalah Dermaga sendiri dinilai sangat penting sebagai sarana komunikasi organisasi agar tercapainya tujuan yang dimiliki oleh organisasi.

Tujuan dari diterbitkannya Majalah Dermaga ini adalah sebagi media komunikasi yang mampu memberikan berbagai informasi seputar kepelabuhan khususnya untuk PT Pelindo III (Persero), maritim, ekuindag, serta informasi lain secara aktual dan faktual sehingga Majalah Dermaga mampu menjadi media paling terdepan dalam hal penyajian informasi kepelabuhan. Oleh sebab itu penggunaan Majalah Dermaga ini sebagai alat komunikasi orgnisasi yang dilakukan oleh PT Pelindo III (Persero) yang memiliki peran strategis dalam fungsi informatif mengingat Majalah Dermaga ini sudah berdiri 29 tahun lamanya dan telah memberikan berbagai informasi mengenai kepelabukan.

Tidak hanya memiliki fungsi informatif saja, ternyata Majalah Dermaga pun merupakan media alternatif yang berprestasi. Tercatat bahwa Majalah Dermaga telah sukses menjadi majalah internal BUMN terbaik menurut Media Pekerja BUMN. Dalam acara BUMN Corporate Secretary and Public Relations Awards tahun 2013 Majalah Dermaga sukses menduduki peringkat pertama pada kategori Newsletter & Majalah Internal BUMN pada tahun 2013. Tentu saja penghargaan tersebut sangat membanggakan. Alasan Majalah Dermaga sukses menyabet penghargaan tersebut karena majalah internal milik PT Pelindo III (Persero) itu mampu menyajikan berbagai berita bermanfaat yang aktual dan faktual bagi masyarakat yang berada di sekitar wilayah kerjanya.

Fungsi dari diterbitkannya Majalah Dermaga ini diantaranya adalah sebagai media informasi dan komunikasi PT Pelindo III (Persero), sarana penulisan ide untuk para pegawai, serta sebagai media pendidikan yang bertujuan untuk meningkatkan wawasan tentang kepelabuhan yang dimiliki oleh masyarakat yang ada di sekitar wilayah area kerjanya semakin bertambah. Dalam setiap edisinya Majalah Dermaga memiliki 64 halaman yang terbagi ke dalam beberapa rubrik. Rubrik yang terdapat di dalam Majalah Dermaga antara lain adalah CCTV, Gate in, Vender, Cargodoring, Bolder, Garbarata, Stevedoring, Jala-jala, Boom, Behandle, serta Trolly. Rubrik-rubrik tersebut membuat informasi-informasi aktual mengenai hal-hal yang bersangkutan dengan kepelabuhan.

Majalah Dermaga ini merupakan salah satu contoh keberhasilan yang dimiliki oleh media-media alternatif. Media alternatif tentu memiliki potensi yang sangat tinggi agar dapat berkembang sehingga namanya akan dikenal oleh khalayak umum. Potensi tersebut dapat diraih oleh media alternatif apabila memiliki pengelolaan yang baik sehingga dapat berjalan di jalur yang seharusnya. Salah satu contoh media alternatif yang dikelola dengan baik adalah Majalah Dermaga milik PT Pelindo III (Persero) ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *