Mengenali Media Alternatif – Media alternatif tercipta karena adanya bentuk perlawanan yang dilakukan oleh beberapa orang kepada media mainstream yang dipandang sudah tidak berpihak kepada kepentingan rakyat. Definisi media alternatif sendiri masih sulit untuk ditemukan. Media arus utama menyebutkan bahwa media alternatif ini adalah media yang jangkauannya luas mencakup banyak khalayak serta mencerminkan pemikiran-pemikiran, isu-isu atau aktivitas yang dominan. Oleh sebab itu media alternatif sering kali diartikan sebagai media non-komersial yang dapat merepretasikan segala bentuk kepentingan yang dimiliki oleh kelompok yang ada di luar media arus utama seperti rakyat miskin, perempuan, etnis minoritas, buruh, bahkan golongan LGBT sekalipun.

Yang membedakan media alternatif dengan media mainstream pada umumnya adalah konten yang dibuat, segi estetika yang ditampilkan, mode produksi yang dilakukan, proses distribusinya, serta hubungan dengan penonton. Tujuan dari media alternatif sendiri adalah sebagai alat untuk melawan kekuatan-kekuatan yang hadir dan merenggut hak dari rakyat, sebagai media yang digunakan untuk mewakili kelompok-kelompok marjinal, serta sebagai alat yang digunakan untuk mendorong hubungan yang terjadi di antara masyarakat secara horizontal.

Bentuk media alternatif sendiri sama seperti media pada umumnya dan dapat dijumpai dalam bermacam bentuk seperti media cetak, blog, video dan film, serta audio atau radio. Salah satu contoh media alternatif yang ada di indonesia adalah Damar Jati. Damar Jati merupakan sebuah majalah yang isinya menggunakan bahasa Jawa yang pertama kali terbit pada tahun 2005. Media alternatif hadir untuk menyuarakan dengan lantang sudut pandang yang sering kali terlewatkan oleh media arus utama. Contohnya adalah saat Marsinah F.M (radio komunitas) yang kerap kali membahas isu mengenai buruh perempuan serta menciptakan komunitas yang didasari atas identitas.

Banyak orang yang mengibaratkan media alternatif ini seperti seseorang yang melakukan perlawanan dan pemberontakan atas ketidakadilan yang didapatkannya dari kekuasaan yang ada. Kehadiran media-media alternatif pun dapat mengancam eksistensi media arus utama. Hal tersebut dikarenakan media alternatif pun memiliki peluang yang besar untuk mendapatkan perhatian khalayak apabila dikelola dengan baik sehingga dapat memiliki alur yang jelas. Berikut ini adalah karakteristik yang dimiliki oleh media alternatif:

1. Media non-komersil
Media alternatif adalah media non-komersil. Pasalnya pemberitaan yang dimuat dalam media alternatif tidak bergantung pada rating atau menjadi media pengiklan saja. Wartawan yang menulis berita di media alternatif pun tidak mendapatkan bayaran sedikit pun. Selain itu biasanya media alternatif ini didistribusikan secara gratis kepada khalayak.

2. Menyuarakan suatu isu dari sudut pandang yang berbeda
Media alternatif akan menyuarakan isu dari sudut pandang yang berbeda apabila dirasa isu yang disampaikan oleh media arus utama tidak ada yang belum lengkap.

3. Memiliki cakupan yang luas
Saat ini semua orang dapat mengakses permainan judi bola melalui media-media alternatif secara bebas dan cepat. Oleh sebab itu proses penyebarluasan isu-isu yang di angkat oleh media alternatif ini dapat dengan cepat diterima oleh khalayak umum.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *