Majalah Dermaga Sebagai Media Informasi Alternatif Berprestasi – Majalah Dermaga merupakan majalah milik persero. Majalah ini menjadi salah satu media alternatif mengenai informasi seputar PT Pelabuhan Indonesia dalam lingkup internal. 27 Februari 1989 menjadi tahun pertama majalan ini diterbitkan sesuai dengan keputusan dari badan yang berwenang. Adapun fungsi atau penggunaan majalah ini ialah sebagai sarana komunikasi antar organisasi yang ada di dalamnya demi tercapainya suatu tujuan tertentu. Majalah ini punya perab penting agar tercapainya tujuan yang dimiliki oleh organisasi. Oleh sebab itu, tidak heran jika majalah dermaga termasuk media alternatif meskpiun lingkup informasinya hanya internal di dalam perusahaan saja.

Adapun tujuan dari penerbitan majalah dermaga ialah menjadi sebuah media komunikasi yang baik guna memberikan informasi seputar pelabuhan, maritim, ekuindag dan beberapa informasi aktual lainnya yang berkaitan dengan PT Pelabuhan Indonesia III. Dengan demikian, sehingga keberadaannya dinilai mampu mewujudkan peran informatif secara maksimal, tidak kalah dengan berbagai media daring lainnya yang saat ini digunakan seperti misalnya WhatsApp Group dan berbagai akun sosial media yang kerap dijadikan sebagai media penyebaran informasi dan berita aktual. Tingkat kepercayaan dan efektivitas majalah dermaga telah terbukti, mengingat keberadaannya sejak mulai beroperasi telah tercatat selama kurang lebih 31 tahun sampai dengan saat ini.

Disamping sebagai media informatif yang akurat, majalah Dermaga juga termasuk sebagai media alternatif yang cukup berprestasi. Hal ini terbukti dengan adanya penghargaan yang diberikan kepada majalah Dermaga sebagai salah satu majalah internal terbaik BUMN menurut media pekerja BUMN. Dalam acara BUMN Corporate Secretary and Public Relations Awards tahun 2013, majalah Dermaga berhasil menyabet gelar yang sangat membanggakan ini. Mengenai alasan dan faktor penyrlebab majalah dermaga bisa menjadi media alternatif yang berprestasi dikarenakan adanya kemampuan dalam menyajikan informasi akurat dan aktual seputar kepelabuhan dalam wilayah kerjanya selama lebih dari 20 tahun.
Disamping itu, penerbitan majalah Dermaga pada dasarnya memiliki fungsi untuk menuangkam ide para pegawainya serta sebagai sarana atau media pendidikan guna memberikan wawasan dan pengetahuan seputar kepelabuhan yang lebih luas bagi para pekerjanya. Untuk setiap penerbitannya akan dibagi ke berbagai rubrik seperti misalnya game poker online. trolly, jala-jala, CCTV, get in, cargodoring, vender, dan masih banyak lagi. Dari beberapa rubrik tersrbut, informasi seputar kepelabuhan bisa tersajikan dengan baik dan sistematis.

Majalah Dermaga bisa menjadi salah satu contoh media alternarif yang berhasil sehingga keberadaannya bisa menjadi contoh bagi media alternatif lain agar terus mengembangkan kualitasnya. Hal ini perlu dilakukan mengingat media alternatif memiliki potensi tang sangat tinggi untuk berkembang dan dikenal oleh khalayak ramai. Oleh sebab itu, akan sangat disayangkan jika suatu media alternatif tidak dapat mengembangkan potensinya dengan baik, mengingat upaya pengembangan media alternatif pada dasarnya tidaklah sulit hanya saja dibutuhkan pengelolaan yang baik dan teratur agar mampu berjalan pada alur yang seharusnya.

Itulah beberapa informasi mengenai keberadaan majalah alternatif, Dermaga milik PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) yang dinilai banyak memiliki prestasi dan fungsi informatif bagi para pekerja dan masyarakat di sekitar kawasan kerja perusahaan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *